Wednesday, November 20, 2019

ARISAN SEBAGAI MEDIA PENGURANGAN RESIKO BAHAN BERBAHAYA PESTISIDA

ARISAN SEBAGAI MEDIA PENGURANGAN RESIKO BAHAN BERBAHAYA PESTISIDA BERBASIS KOMUNITAS KELOMPOK PETANI (POKTAN)



ARISAN SEBAGAI MEDIA PENGURANGAN RESIKO BAHAN BERBAHAYA PESTISIDA BERBASIS KOMUNITAS KELOMPOK PETANI (POKTAN)



Latar belakang : Pengunaan pestisida dapat secara signifikan meningkatkan kemampuan produktifitas hasil pertanian, akan tetapi dibalik itu semua terdapat resiko atau ancaman dalam penggunaannya resiko keracunan pestisida baik akut ataupun kronis. Pendidikan dan pelatihan merupakan komponen penting dari upaya komprehensif untuk meningkatkan keselamatan dan kesehatan tempat kerja pertanian.Penelitian ini bertujuan mengetahui pengurangan dampak pestisida pada petani.

Metode : Metode survey digunakan untuk pengamatan indikator mengenai angkapengurangan resiko pestisida pada pertanian adalah jawaban yang diberikan oleh responden baik secara lisan maupun tertulis. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis diskriptif.

Hasil : Berdasarkan hasil penelitian didapatkan 42% petani keracunan pestisida. Dampakpenggunaan pestisida lain diantaranya dermatitis paparan kimia (27%), efek pernafasan (18%), , katarak traumatika (9%), dan abrasi bahan kimia (4%).

Kesimpulan : Masalah keracunan pestisida, terjadinya masalah pernafasan, dermatitispaparan kimia, katarak trumatika dan abrasi bahan kimia merupakan dampak penggunaan pestisida. Petani diharapkan dapat lebih memperhatikan metode atau cara penggunaan dan pengurangan pestisida dan peran dari perawat atau Occupational Health Nursing (OHN) di bidang pertanian harus ditingkatkan.



Referensi :

No comments:

Post a Comment